Site Loader
Jl. Ahmad Yani No. 5 Bojonegoro

Tuban (08/07/2020) Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo yang didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein, melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka pelepasan ekspor ke-87 Kawasan Berikat PT. Kirana Food International, yang berada di wilayah pengawasan dan pelayanan Kantor Bea Cukai Bojonegoro.

PT. Kirana Food International yang mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2019 tersebut, bergerak di bidang industri pengolahan hasil laut seperti ikan mackerel, snow crab, cumi, salmon, udang dan dieskpor ke Jepang, selama pandemi Covid-19 ini juga sedikit mengalami kendala, terutama pada menurunnya nilai produksi dan negara tujuan ekspor yang lockdown.

Dalam sambutannya Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan bahwa potensi hasil laut Indonesia yang luar biasa akan dipantau, dan didorong terus agar bermanfaat untuk kepentingan negara dan masyarakat. “Hal ini sejalan dengan komitmen Bea Cukai Bojonegoro, walaupun di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan kerja, turut memfasilitasi dan memberikan pelayanan prima dalam rangka mendorong ekspor. Juga mengingat PT. Kirana Food International sebagai industri padat karya yang mampu menyerap tenaga kerja kurang lebih 1.000 karyawan yang secara langsung berperan sebagai penggerak roda perekonomian khususnya di wilayah Kabupaten Tuban”, ungkap Winarko selaku Kepala KPPBC TMP C Bojonegoro.

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja tersebut diawali dengan pengawasan proses stuffing barang ekspor oleh Petugas Hanggar Bea dan Cukai Bojonegoro, dilanjutkan dengan prosesi penyegelan kontainer secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, kemudian diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP) oleh Menteri Kelautan dan Perikanan atas produk PT. Kirana Food International.

Oleh : Ghufron Asyhar