Site Loader
Jl. Ahmad Yani No. 5 Bojonegoro

Selama periode tanggal 17 Mei s.d. 18 Juni 2022, operasi gempur rokok ilegal dilakukan secara terstruktur dan masif oleh Bea Cukai di seluruh wilayah Indonesia dalam upaya untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Selain meningkatkan kepatuhan dalam mencegah potensi kebocoran penerimaan negara, operasi Gempur Rokok Ilegal juga sebagai bentuk #UpayaNyata Bea Cukai dalam mengoptimalkan Cukai sebagai instrumen fiskal dalam pengendalian barang kena cukai sesuai peraturan perundang-undangan.

Bea Cukai Bojonegoro turut berperan aktif dengan melaksanakan operasi pasar baik di wilayah Kabupaten Bojonegoro maupun Kabubaten Tuban. Selama kurun waktu 17 Mei s.d. 18 Juni 2022 tersebut, operasi pasar yang dilaksanakan oleh Tim Pengawasan Bea Cukai Bojonegoro berhasil melakukan penegahan terhadap rokok-rokok ilegal dengan jumlah total kurang lebih 17 ribu batang rokok tanpa dilekati pita cukai (rokok polos) berbagai merek, dengan nilai cukai / potensi kerugian negara yang berhasil diselamatkan sebesar Rp. 9.600.000,-.
.
Tidak hanya dari sisi represif saja, namun sisi pencegahan juga dijalankan seiring pelaksanaan operasi pasar, dengan cara memberikan edukasi serta pengenalan terkait berbagai modus peredaran rokok ilegal kepada para pemilik toko atau penjual rokok, serta penempelan stiker yang menampilkan informasi terkait rokok ilegal dan saluran yang dapat dihubungi oleh masyarakat jika terdapat informasi adanya dugaan peredaran rokok ilegal di wilayah pengawasan Bea Cukai Bojonegoro.

Oleh : Ghufron Asyhar