Site Loader
Jl. Ahmad Yani No. 5 Bojonegoro

Tuban (01/07/2022), Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bojonegoro bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban memberikan wadah kepada pelaku ekonomi kreatif untuk berkreasi dan memamerkan hasil karyanya melalui acara Gebyar Ekonomi Kreatif dan Deklarasi Gempur Rokok Ilegal Kabupaten Tuban.

Dalam acara tersebut sedikitnya 17 stan ekonomi kreatif (ekraf) dipamerkan, serta karya busana khas karnival juga dipentaskan dalam acara tersebut. Tak hanya itu, hasil karya anak muda Tuban juga diluncurkan berupa aplikasi “Toko Kelontong dan Website” karya Cah Tuban, Talk Show bersama Bupati Tuban, Bea Cukai Bojonegoro hingga pelaku ekraf juga digelar di sana.

Di kesempatan tersebut Kepala KPPBC TMP C Bojonegoro Kunawi mengatakan, pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tuban untuk melakukan operasi rokok illegal. Kunawi menuturkan, Kabupaten Tuban adalah kawasan lalulintas rokok ilegal, sebab ada di wilayah perbatasan. Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam mendukung upaya gempur rokok ilegal yang sangat merugikan negara. Lebih lanjut, Kunawi mengatakan semangat anak muda Tuban untuk berkreasi sangat tinggi. Pihaknya menyambut baik dan akan membantu dalam pengembangan ekraf melalui program yang telah dibuat, hal tersebut juga selaras dengan program Pemkab Tuban.

Sementara itu Bupati Tuban mengapresiasi perkembangan iklim ekonomi kreatif Tuban yang bergairah saat ini. Untuk mendukung pengembangan ekraf, setiap OPD juga diinstruksikan untuk menggandeng anak muda. Bupati Tuban juga menegaskan, pihaknya saat ini terus melakukan update data yang bertujuan untuk menggali potensi di Kabupaten Tuban, termasuk di bidang ekonomi kreatif. Dengan mulai berkembangnya ekraf di Kabupaten Tuban oleh anak muda, ke depan ekraf Tuban mampu menjadi icon ekonomi Bumi Ronggolawe. Hal yang sama juga berlaku dalam upaya menggempur peredaran rokok ilegal. Melalui deklarasi Gempur Rokok Ilegal, yang berdampingan dengan upaya pengembangan ekraf di Kabupaten Tuban, kesadaran masyarakat akan tumbuh bahwa rokok ilegal merugikan negara.

Oleh : Ghufron Asyhar